Eulogi Untuk Lexy

image

Ini Lexy, waktu nenenin anaknya dua setengah tahun lalu.

Kemarin malam dia meninggal. Memang sudah tua dan lelah; sudah 13 tahun lebih. Umur pastinya kurang jelas; waktu masih bocah, kakak saya “pinjam” dia dari temannya. Dan gak pernah kami kembalikan.

Saya ingat angkat kaki ke kursi waktu pertama kali didekati bocah itu. Masih takut anjing waktu itu; even a cute puppy. Kemudian waktu berlalu. Tau-tau dia, dan sekarang anaknya juga, sudah ngontrak di rumah. Dan hati ini.

Semasa hidupnya Lexy dikenal orang-orang di sekitar sebagai anjing galak. In my defence, Lexy was just misunderstood. Galak itu cuma tampilan depannya; sebenarnya dia hanya protektif. Dan kelalaian kami sebagai manusianya untuk membantu Lexy beradaptasi di lingkungan penuh manusia di sekitarnya.

In the end we all will die, I keep that in mind. Supaya siap kalau-kalau siapapun yang saya sayangi harus “pindah tongkrongan” duluan. Termasuk Lexy.

Terima kasih sudah jadi anjing pertama yang saya sayangi; yang kemudian membuka hati saya untuk anjing-anjing lainnya. Terima kasih sudah menerima kami apa adanya, tanpa syarat dan ketentuan berlaku.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles