Halfworlds, Pilot Episode Spoiler

Tadi nonton episode perdana Halfworlds di Facebook Page-nya. Secara umum menarik. Mungkin karena unsur “karya anak bangsa”, mungkin karena ide cerita demit vs manusia. Tapi ada dua detil yang mengganggu.

[SPOILER ALERT]

Pertama, waktu Pinung ke tempat Sarah dan melihat ilustrasi yang ditempel di dinding. Ilustrasinya menggambarkan gimana kedua orang tua Sarah dibunuh sesosok siluet. Pada salah satu ilustrasinya digambarkan kedua orang tua Sarah merangkul Sarah di antara mereka, berhadapan dengan sosok siluet itu. Dari bangku penonton memang enak dilihat, tapi sudut pandang penceritanya jadi berantakan.

Begini, ilustrasi itu kan dari kenangan Sarah kecil pada saat kejadian berlangsung, maka sudut pandang kenangan itu dari mata Sarah kecil. Sementara ilustrasi dibuat dari sudut pandang orang ketiga, yaitu yang menyaksikan Sarah kecil dan kedua orang tuanya berhadapan dengan siluet itu; padahal yang membuat ilustrasi itu adalah Sarah dewasa. Ya, bisa aja begitu, tapi kenapa Sarah — yang mengalami kejadian itu di depan matanya — kepikiran untuk menggambarkannya dari sudut pandang orang ketiga, seolah dia menarik diri keluar dari kenangan?

Kedua, pada adegan Sarah melihat temannya yang tengah dimangsa tokoh demit yang diperankan Adinia Wirasti. Sarah sempat lari dan teriak minta tolong, lalu warga sekitar berbondong mengikuti Sarah ke tempat kejadian. Saat warga melihat tidak ada apa-apa di sana, satu persatu mereka membalik badan meninggalkan Sarah. Salah satu warga mengenakan kemeja warna terang (putih?). Saat dia membalik badan, terlihat bercak darah di belakang pakaiannya. (Mungkin bekas dipakai di adegan lainnya?) Kenapa gak ganti baju sih, mas?

Dua detil ini gak mengganggu keseluruhan cerita pilot episode Halfworlds kok. Cuma terlanjur terlihat dan bikin saya bertanya “Kenapa sih?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles