Sepuluh Tahun dan Masih Mencari

Hari ini saya “merayakan” sepuluh tahun bekerja dengan mengambil cuti dan pulang ke rumah.

Sebenarnya pingin quick escape ke mana gitu, tapi gak sempat dipikirin dengan baik. Jadilah saya memilih pulang; kembali ke titik nol saya. Ketemu papa mama. Dan dua ekor anjing kesayangan. Dan adik dan kakak saya.

Rumah rasanya jadi tujuan yang tepat untuk perayaan ini. Pekerjaan-pekerjaan yang saya lakukan selama sepuluh tahun ini pada akhirnya memang untuk saya sendiri dan keluarga. (Untuk kemajuan industri dan masyarakat kelas menengah ngehe? Rasanya saya tidak semuluk itu.)

Saya ingat pekerjaan pertama saya di perusahaan media monitoring skala regional (Asia Tenggara). Waktu itu saya ditemani sahabat saya sejak SD ke suatu warnet untuk mengirim email lamaran pekerjaan. Setengah jam kemudian, dalam perjalanan pulang dari warnet, saya menerima telepon dari perusahaan itu. Long story short, saya bekerja di perusahaan itu terhitung sejak 1 September 2005. (Walaupun di tahun-tahun berikutnya saya berpindah ke perusahaan lain dan ke perusahaan lain lagi.) Yang menjadikan hari ini perayaan.

Gimana rasanya sepuluh tahun bekerja? Gini-gini aja. Sedikit migren saat mengetik ini. Tapi, sungguhan deh, rasanya ya belum seberapa, bila dibandingkan dengan senyumanmu tujuh belas tahun bolak balik ke sekolah dari jaman TK sampai kuliah. Dan belum seberapa bila dibandingkan dengan papa mama yang bekerja (bahkan sampai hari ini) sampai batas kemampuan maksimal mereka.

Bahkan menginjak tahun kesebelas saya bekerja, sesungguhnya saya masih mencari… pekerjaan apa yang ingin saya lakukan sampai saya makin tua nanti. Rasanya masih ada hal lain yang bisa saya lakukan dengan kemampuan dan pengalaman saya. Rasanya pekerjaan saat ini bukanlah satu-satunya hal yang bisa saya lakukan.

arigato macaroni 1-2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles