Tentang ABCD

Mereka menamai diri ABCD, A Bunch of Caffeine Dealers. Mengambil posisi di lantai atas Pasar Santa; salah satu dari business makers yang turut mengembangkan pasar tradisional yang kini menjadi kalcer senter hipster Jakarta.

Pertama tau tentang mereka dari Yudis. Pertengahan tahun lalu menyempatkan diri ke sana, kebetulan mereka sedang pop up, dan mencicip piccolo latte racikan salah satu barista di sana. Dari awal gimmick lapak mereka memang menarik: kaleng merah bertuliskan “pay as generous as you can”, stiker “Come for the coffee and stay because nobody loves you”, dan setumpuk majalah Monocle…sebagai ganjalan jendela lapak yang berfungsi ganda sebagai meja. Tampilan lapak mereka jadi antithesis untuk tampilan kedai-kedai kopi lain yang sedang berkembang.

Enam bulan kemudian, bulan kemarin, saya kembali ke ABCD. Kali ini untuk belajar di  ABCD School of Coffee. Sekolah terbagi menjadi 4 kelas: Appreciation, Brewing, Cupping dan Definitive Espresso. Kelas dipimpin paman guru Hendri Kurniawan, yang punya sederet sertifikasi juri, lisensi dan aktif sebagai konsultan di balik kedai-kedai kopi ternama di Jakarta. Selain paman guru, ada juga kakak guru Ve yang mendampingi di kelas Brewing dan Izman yang mendampingi di kelas Definitive Espresso.

Saya dan tiga murid lainnya belajar mengapresiasi kopi, dari biji kopi sampai secangkir minuman kopi. Di kelas Appreciation menjelajah dari Ethiopia ke Yemen, dari Yemen ke penjuru dunia. Menyimak cerita perjalanan biji kopi yang jadi komoditas rebutan; diselundupkan, dicuri, bahkan nyaris dilarang dalam agama Katolik (terima kasih Paus Clement VIII). Berkenalan dengan karakter Arabica yang manis asam manja. Di kelas Brewing belajar mengekstrak biji kopi menjadi minuman kopi, dengan bonus latihan berhitung dan pengendalian diri. Mendekonstruksi minuman kopi ke elemen-elemen dasarnya dengan panca indera di kelas Cupping. Bermain-main dengan grinder dan espresso machine; berlatih membuat foam susu yang baik untuk latte di kelas Definitive Espresso.

twirasdotnet-tentang abcd 1

twirasdotnet-tentang abcd 3

twirasdotnet-tentang abcd 4

twirasdotnet-tentang abcd 2

Empat kelas, tiga hari, empat belas jam yang menyenangkan. Banyak hal baru yang membuat melongo, banyak hitung-hitungan yang meleset, banyak rasa yang belum tereksplorasi, banyak percobaan yang belum berhasil. Semuanya menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles