Tentang Keseimbangan

Work-life balance itu seperti apa?

Pertanyaan yang sama saya ajukan ke diri sendiri. Dan buat saya yang namanya work adalah bagian dari life, jadi seharusnya memang tidak balance. Work seharusnya cuma sepersekian dari life, tidak fifty-fifty (kalau itu yang dimaksud dengan balance).

Praktiknya memang tidak mudah. Apalagi work mengonsumsi setidaknya setengah dari waking hours kita. Tidak mudah, tapi bukannya tidak bisa.

Hari ini hari keempat saya izin tidak masuk kantor, untuk mengurus beberapa hal di rumah pasca kecelakaan yang terjadi pada mama saya. Berarti sudah empat hari saya menitipkan pekerjaan saya ke tim. (Terima kasih Tuhan, saya bekerja sama dalam tim.) Tidak mudah “melepaskan” pekerjaan begitu saja. Saya punya standar sendiri dan saya berharap tim yang saya titipkan pekerjaan itu mengerjakannya dalam standar yang serupa. (Well, maybe, I do have trust issue.) Sejauh ini pekerjaan yang saya titipkan berjalan dengan semestinya, terlihat dari email-email yang tetap saya baca secara berkala. Kalau pun ada hal-hal yang perlu respon cepat, saya masih bisa menelepon, SMS atau WA. Sudah empat hari work mengambil porsi yang lebih kecil dari biasanya dalam life. And I’m still alive.

Seharusnya begitu, bukan?

Yang saya dapati kemarin justru keseimbangan itu harus ada antara keluarga dan teman-teman. There should be family-friends balance, instead of work-life balance.

Hari ketiga di rumah saja, saya mulai “belingsatan”. I need to get connected to my friends. Jadilah saya menyapa beberapa teman via WA. Dan obrolan berlanjut. Apalagi dengan beberapa teman dalam sebuah grup, obrolan mulai berpindah-pindah dari satu topik ke topik lain. Dan itu yang saya butuhkan. Distraction, mungkin, dari rutinitas (dan drama) rumah tangga. Mengerjakan urusan rumah tangga bikin saya merasa berguna, tapi membahas hal-hal yang tak berguna sekalipun bersama teman-teman bikin saya bahagia.

Dan itu keseimbangan, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles