Tentang Mengagumi

Kalau ada satu pesan moral yang coba disampaikan film berjudul Elle L’adore (She Admires Him) (2014), mungkin bunyinya:

ngefans sama public figure gak usah gitu-gitu amat lah!

Setidaknya itu satu dari beberapa kesan yang saya dapat dari 105 menit duduk di bangku baris paling depan pada pemutaran salah satu film di Festival Sinema Prancis 2014 baru-baru ini.

Film ini bercerita tentang Muriel Bayen yang mengidolakan pianis Vincent Lacroix. Muriel mengikuti jejak langkah Vincent sebagai musisi; menyimpan semua kliping artikelnya, dan datang ke setiap penampilannya di atas panggung maupun di acara TV. Selain sebagai fans besar  Vincent Lacroix, Muriel dikenal oleh orang-orang di sekitarnya sebagai pembual besar; setiap kisah yang diceritakan Muriel disampaikan sedemikian rupa sehingga orang-orang menganggap cerita tersebut sebagai bualan. Sampai suatu hari Vincent datang ke tempat apartemen Muriel untuk meminta tolong. Yang dilakukan Muriel untuk Vincent ternyata berujung panjang, bahkan sampai ke meja interogasi kepolisian. Dan, menceritakan apa yang dilakukan Muriel untuk Vincent hanya akan terdengar sebagai bualan berikutnya.

Film bergenre komedi (atau dark comedy?)  ini memang punya cerita yang kuat. Plot bergulir tanpa ada adegan yang tersia-siakan tanpa makna. Walaupun cerita berpusat pada Muriel dan Vincent, “drama” yang terjadi antara personil kepolisian juga menambah pelik situasi yang sudah rumit. Naskah film dengan cerdasnya mempertemukan konflik Muriel-Vincent dan konflik antara personil kepolisian dalam sebuah adegan yang menjadi penentu arah akhir cerita.

Terpaksa duduk di bangku baris paling depan (dan bangku kosong terakhir pula!) rupanya tidak berhasil membuat saya tidak nyaman mengikuti alur cerita. Film ini berhasil menyeret emosi saya untuk ambil bagian di dalamnya. Beberapa kali saya sempat menahan nafas, memekik tertahan atau berbisik seolah Mauriel bisa mendengar suara saya. Sekali lagi saya puas akan sajian film Eropa dengan naskah yang kuat tanpa bumbu berlebih dan sinematografi yang elok. Salut!

Supaya semakin penasaran, simak official trailer berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles