Tentang Segenap Alam Semesta

“Jika kamu menginginkan sesuatu, segenap alam semesta akan membantumu mencapainya,” kata raja tua itu.

Tapi sang raja tua itu tidak bilang apa-apa tentang dirampok, atau tentang gurun pasir yang menghampar tak terbatas atau tentang orang-orang yang tahu impian-impian mereka tapi tidak mau mewujudkannya. Raja tua itu tidak mengatakan padanya bahwa Piramida hanyalah tumpukan batu, atau bahwa setiap orang dapat membuatnya di halaman rumahnya. Dan dia lupa menyebut bahwa kalau kita punya uang yang cukup untuk membeli kawanan domba yang lebih besar daripada yang pernah kita miliki, maka kita perlu membelinya. -Sang Alkemis, Paulo Coelho

Terakhir saya meminta sesuatu untuk diri sendiri kepada manusia lain, saya mendapatkan persetujuan dengan cepat. Bahkan jeda waktu antara pesanan makanan dicatat pelayan dan makanan pesanan tiba di meja terasa terlalu lama.

“Hah? Udah nih? Oke aja? Gak ada penolakan atau penawaran?” pikir saya saat itu.

Saya kira segenap alam semesta sudah turun tangan saat itu.

Rupanya segenap alam semesta juga punya syarat dan ketentuan berlaku yang bersembunyi di balik asterik dengan ukuran font kecil dan warna menyaruh seperti pada iklan-iklan komersil umumnya.

Segenap alam semesta tidak bilang apa-apa tentang tidak diacuhkan, atau tentang hal-hal kecil dan besar yang menghampar tak terbatas, atau tentang orang yang tau perannya tapi sulit menyatu dengan skenario.

Lalu saya kembali lagi ke pasal pertama: segenap alam semesta akan membantumu mencapainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles