Dua bulan yang lalu akhirnya saya mewujudkan salah satu daftar keinginan: memiliki tato.

Sebelumnya saya hanya berwacana untuk membuat tato di lengan kanan dengan suatu tema; saya sudah menetukan Kedai Tato Bahagia sebagai seniman tato, tapi belum menentukan kapan akan membuatnya. Berkat “dorongan” seorang sahabat, keinginan itu saya wujudkan lebih cepat daripada yang saya wacanakan.

Menentukan tema tato menjadi penting karena.. well, it’s gonna stay on my skin like forever. Tema pilihan saya ini jadi penanda titik plot kehidupan yang saya alami di bulan sebelumnya, sekaligus menjadi pengingat untuk diri sendiri. Saya tidak dapat membayangkan visual seperti apa yang dapat mengejawantahkan tema itu, maka saya menyerahkan eksekusi visualnya ke Charlie, si seniman tato. Dan betapa bahagianya saya saat melihat desain yang Charlie buat atas tema yang saya pilih; dia pun menyatakan senang diberi kebebasan untuk menginterpretasikan ide.

Sebagai suatu aksi, tato pertama ini sudah memancing reaksi berupa beberapa pertanyaan berulang. Pertanyaan pertama pada umumnya: Temanya apa? Jawaban saya: Tebak! Buat saya tema ini pribadi, dan setiap orang yang melihat hasil akhirnya bebas mengartikan dengan pemahamannya sendiri. Yang pasti temanya bukan “Nippon cahaya Asia” seperti tebakan kebanyakan orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *