Finders Keepers

Tagline film The Social Network bisa jadi benar adanya.

Jangan tanya, saya gak punya 500 juta teman. :D Saya cuma punya 30-an teman yang nonton bareng film ini. Yes, sekolah yang saya hadiri (baca: kantor) dan sister company yang berbisnis di ranah digital membuka kelas tambahan tidak wajib (tapi recommended) di Blitz Megaplex, The Pacific Place Jumat malam lalu.

Lalu..  tentang apakah The Social Network ini? Tentang Facebook kah? Atau tentang Mark Zuckerberg kah? Fakta atau fiksi kah? Kalau kata si bos: “Film ini memang tentang Facebook, part of it is only fiction. But the core of this movie is actually about entrepreneurship & idea/product.”

Pernyataan si bos itu membuat saya bertanya: which part of this film is fiction?

Memang, sebelum film ini sampai di theater/auditorium di Jakarta, saya pernah membaca ‘kontroversi’ seputar keakuratan kepribadian Mark Zuckerberg yang diperankan oleh Jesse Eisenberg dalam film ini. Bisa jadi. Paling tidak dalam hal senyum, menurut tweet salah satu teman nonton bareng.

Entahlah..  just enjoy the movie.

Oia, kalau mau tau sinopsis film ini, silahkan baca di sini atau sekalian tonton trailernya di sini ya.. Don’t bother me with story telling. :D

Buat saya, film ini seperti ‘barang bukti’ bahwa terciptanya Facebook pun gak lepas dari rangkaian beberapa kejadian. Jika salah satu momen dalam rangkaian itu tidak terjadi, mungkin Facebook yang kita punya saat ini tidak persis seperti ini.

Hal ‘sekecil’ Relationship Status tercipta karena salah satu teman Mark yang numpang tanya: eh, lo tau gak si anu di kelas lo itu udah punya cowo ato belom? Dan dijawab: lah.. mana gua tau, emangnya tuh anak sehari-hari ngalungin papan pengumunan status hubungannya! Dan momen lightbulb pun terjadi. Mark buru-buru lari ke kamar asramanya dan nambahin fitur Relationship Status di halaman Profile Facebook.

Hal yang ‘lebih besar’: Facebook itu tercipta gara-gara Mark Zuckerberg diputusin Erica Albright, pacarnya saat itu.

Jadi.. gara-gara diputusin Erica, Mark ngeblog sambil setengah mabok. Terus, sebagai ‘pelampiasan’ dia bikin Facemash.com yang membanding-bandingkan foto 2 perempuan — yang diambil dari database kampus yang ‘disediakan’ Eduardo Saverin (diperankan Andrew Garfield), teman Mark satu-satunya(?). Facemash langsung dapat 22.000 pengunjung dalam 2 jam. (Saya berdoa gak ada klien yang cukup gila untuk minta jumlah fans/followers sebanyak itu dalam waktu sesingkat itu. Amin.) Gara-gara Facemash, Mark kena sanksi administratif dari pihak kampus Harvard, dibenci mahasiswi di sana — khususnya yang fotonya jadi ‘korban’ Facemash, dan direkrut si kembar Winklevoss dan Divya Narendra yang sedang menggagas website Harvard Connection.

Keliwat pintar, Mark justru memanfaatkan fasilitas akses yang diberikan Winklevss dan Narendra dan menciptakan website TheFacebook bareng Eduardo. Gak pake lama, TheFacebook langsung nge-hits di Harvard dan unversitas lain. Sekali lagi, Mark jadi orang terkenal di kampus. Yang kemudian membawa ke perkenalan Mark dan Eduardo dengan Christy dan Allice. Dari Christy, yang kemudian berpacaran dengan Eduardo, mereka berkenalan dengan pendiri Napster, Sean Parker (diperankan Justin Timberlake). Kontribusi pertama Sean untuk TheFacebook semudah nyeletukin kalimat berikut:

Drop the “the”. Just “Facebook”. It’s cleaner.

Dan jangan bilang ini kebetulan yang kebetulan!

The rest is history.

Ohya, film The Social Network ini diadaptasi dari buku The Accidental Billionaires karya Ben Mezrich.  Ben juga mengarang buku Bringing Down The House, yang kemudian diadaptasi menjadi film 21 — Kevin Spacey ambil bagian sebagai produser dan aktor di film ini. Dan coba tebak peran Spacey di The Social Network.. Yes, sebagai executive producer.

Entah bagian mana dari The Social Netwotk, Facebook atau Mark Zuckerberg yang fiksi, yang pasti film ini berbagi fakta bahwa ide bisa datang dari mana saja; tapi ide saja (tanpa realisasi) gak cukup! Ingat.. Finders keepers, losers weepers.

2 comments

  1. wow..keren banget ada compare foto para aktor sama org2 nyata! Dan yang aneh kenapa di foto itu si Eisenberg ketawa ya :p hehehe.. trus si Sean Parker cupu narsis ya mengekspresikan dirinya lewat Justin Timberlake,haa.

    oiya gue dapet info kemaren kalo si Eduardo Saverin a.k.a Andrew Garfield bakal maen di spiderman 4..hmm menurut lo? Kalo menurut gue dia harus ngegemukin badan at least biar gak jauh beda sama si Toby McGuire.

    Satu lagi,,btw di Indonesia ada juga yg mirip si Eduardo yaitu Andrew Kaskus :)) (sama namanya kan at least)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles