Trivia Bahasa

Saya suka menyimak trivia bahasa, khususnya bahasa Indonesia. Terlebih karena pelajaran bahasa Indonesia selama di sekolah ternyata belum cukup membuat kita saya mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik.

Ketika saya bertemu dengan pertanyaan tentang bahasa Indonesia, walaupun tidak ditujukan ke saya secara pribadi, biasanya saya tergelitik untuk ikut mencari tahu jawabannya.

Saat ada yang bertanya kenapa suatu benda dinamai “pesawat telepon”, saya jadi ikut berpikir: iya juga ya, kenapa menggunakan kata “pesawat”.

Seperti biasanya, saya langsung kroscek ke Kateglo, yang mengambil data kosakatanya dari KBBI. Dalam kasus pesawat telepon ini, Kateglo/KBBI menjawab:

pesawat
nomina (n)

1) alat perkakas; mesin: motor itu dijalankan dengan —
2) kapal terbang: naik —
3) tali (rotan, kulit, dsb) untuk menjalankan jentera, roda, perangkap, dsb: tali — , tali (kulit) untuk menjalankan jentera (roda)

Mungkin karena terlalu identik dengan makna “kapal terbang”, kita saya baru tahu kalau kata pesawat punya makna yang lebih mendasar, yaitu sebagai alat perkakas atau mesin — yang membuat “pesawat telepon” dan “pesawat televisi” masuk akal.

Selama masih ada manusia, maka bahasa akan terus berkembang. Sekarang kita bisa mengeliminasi kata “pesawat” di kedua contoh tadi tanpa mengurangi maknanya. “Telepon” tetap bermakna alat perkakas atau mesin untuk bertelepon; begitupun “televisi”.

Buat saya tetap penting untuk tahu makna suatu kata, juga paham konteks dan perubahan konteks yang terjadi pada suatu kata itu. Saya juga setuju bahwa konten KBBI memang perlu terus diperbarui, mengikuti perkembangan manusia dan budayanya. Tinggal bagaimana saya, si pengguna bahasa Indonesia ini, bisa ikut mengembangkan bahasa Indonesia?

(Jawaban saya: gunakan bahasa Indonesia sebisa mungkin; cari referensi di KBBI — banyak orang yang sudah berusaha mengumpulkan data sebanyak itu dalam sebuah kamus, setidaknya kita bisa manfaatkan kamus itu untuk saat ini; dan kalau pun tidak puas dengan jawaban dari KBBI, tak perlu lah mengeluarkan jurus mumbo jumbo yang membuat kamu semakin tidak dipahami .)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

Related articles